Luweng jomblang, grubug, dan kali suci

26-27 Juni 2011 bersama rekan-rekan dari Mayapala  melakukan explorasi gua di daerah wonosari. Nama gua tersebut adalah Luweng Jomblang, Luweng Grubug, dan Kali suci. Bagi penggiat olahraga seperti caving mungkin tidak asing dengan nama gua tersebut karena gua-gua tersebut termasuk gua yang sering di gunakan untuk explorasi dan sudah banyak dikunjungi para caver (sebutan penggiat caving) maupun wisatawan (saat ini jalur di luweng jomblang khususnya memang sudah didesign untuk wisata dan bisa dimasuki oleh siapa saja walaupun bukan penggiat caving tetapi tetap dengan pemandu dari ahlinya).

luweng grubug
luweng grubug
Gua-gua tersebut terletak di kecamatan semanu gunung kidul. kira-kira 50 kilometer dari kota yogyakarta. Gua ini tersebut merupakan perpaduan dari gua vertikal dan gua horisontal. Gua luweng grubug dan jomblang sebenarnya saling berkaitan karena pada dasarnnya dalaman gua tersebut menyatu sehingga dari manapun turunnya kita masih bisa melihat isi dari gua-gua tersebut.
Review dari internet:

" * Jarak antara kedua mulut goa ini hanya sekitar 300 meter saja dengan kondisi terhubung pada bagian dalamnya (goa horisontal). Pada bagian bawah goa.mengalir sungai bawah tanah yang merupakan terusan dari sungai yang di jadikan objek Wisata Karst Kalisuci. Goa Jomblang memiliki karakteristik luas pada bagian mulut goanya yaitu dengan diameter sekitar 50 meter dengan sisi vertikal bervariasi antara 60- 80 meter. Pemandangan dari atas goa terlihat cukup menarik karena di sana terlihat seperti hutan bawah tanah karena memang bagian bawah Goa Jomblang ini cukup luas dan mendapat sinar matahari yang cukup sehingga banyak di tumbuhi pepohonan layaknya hutan yang lebat. Dari atas terlihat bebatuan karst yang menarik. Berbeda dengan Goa Jomblang yang memiliki mulut goa lebar, Goa Grubug memiliki mulut goa berbentuk lingkaran yang hanya berdiameter sekitar lima meter dengan berbagai tumbuhan yang mengelilinginya. Konon bagian goa vertikal ini memiliki kedalaman 80 meter-100 meter. Suasana Goa Grubug ini menjadi agak serem karena menurut cerita goa ini di jadikan sebagai lokasi eksekusi para korban keganasan G 30 S/PKI pada pahun 60an, di tambah lagi dengan suara gemuruh air yang mengalir di bagian bawah goa ini. Konon para korban G 30 S/PKI di suruh berdiri di tepi mulut goa ini untuk kemudian di eksekusi dengan cara di tembak. "

http://ceritapetualangan.blogspot.com/2009/02/goa-jomblang-dan-grubug.html

Cerita ku :

Untuk luweng Grubug karena telat datang sehari akhirnya cuma bisa melihat penampakannya dari luar dan dari dalam (kok bisa?? baca sampai selesai ya). Setelah melihat mulut gua ini saya sempat takjub, luasnya lumayan lebar (diameternya 5 meter) dengan suara gemuruh dari dalamnya karena terdapat aliran sungai dan seperti ada tekanan dari bawah sehingga begitu berada di sekitar mulut gua terasa dingin dengan butiran embun yang keluar dari mulut gua.

luweng grubug
luweng grubug

luweng grubug
luweng grubug
tabox, mayapala expediton crew
tabox, mayapala expediton crew
Luweng Jomblang memiliki diameter yang lebih lebar dari Grubug, diameternya sendiri sekitar 50 meter. Dengan diamter tersebut menjadikan gua tersebut sangat menarik untuk dinikmati. Bersama tim ekspedisi Mayapala, karena saya termasuk tamu sehingga saya tidak ikut terlibat dalam pembuatan jalur. Jalur selesai dan kami pun akhirnya turun menggunakan jalur VIP (jalur yang paling mudah dan memang digunakan untuk wisatawan).

luweng jomblang
luweng jomblang
Didasarnya seperti hutan, karena cukup sinar matahari bisa masuk sampai kedasar maka tanaman bisa tumbuh dengan lebat. Setelah itu masuk ke dalam gua horisontalnya menuju ke arah dasar dari luweng Grubug. Di dalamnya bisa dikatakan sangat lebar dan sekitar 300 meter kita sampai di dasar luweng grubug. Pemandangan semakin indah, ada sorot cahaya matahari yang bisa masuk dan sungai didalamnya. Untuk kondisi jalan dari dasar gua jomblang ke gua grubuk sendiri sudah ada tatanan dari bata yang memang disediakan untuk wisatawan, sehingga cukup nyaman sekali berada didalam gua tersebut.

dasar luweng grubug
dasar luweng grubug
sungai  luweng grubug
sungai luweng grubug

Mandi, foto-foto, udah puas dan naik lagi dari jalur 2 (Jalur yang dibuat rekan expedisi, dengan srt-an lelah juga).

28 Juni kami menyempatkan menikmati Kali suci dengan tubing. Cukup bagus, cukup dengan menggunakan tube (ban) kita bisa menyusuri kali suci, dalam penyusuran kita dimanjakan dengan ornament dari gua horisontal. Untuk jaraknya sendiri tidak terlalu jauh dan tidak melelahkan juga.

kali suci semanu
kali suci semanu
kali suci semanu
kali suci semanu
kali suci semanu
kali suci semanu
kali suci semanu
kali suci semanu
Cukup senang dengan segala karunia -Nya sehingga masih diberikan kesempatan menikmati keindahan dan kemegahan dari ciptaan-Nya dengan bersama teman-teman yang hebat,

Mayapala Team Expedition Luweng Grubug, Jomblang, Kali suci
Mayapala Team Expedition Luweng Grubug, Jomblang, Kali suci
Mayapala Team Expedition Luweng Grubug, Jomblang, Kali suci
Mayapala Team Expedition Luweng Grubug, Jomblang, Kali suci
Mayapala Team Expedition Luweng Grubug, Jomblang, Kali suci
Mayapala Team Expedition Luweng Grubug, Jomblang, Kali suci

** Terimakasih Alloh SWT, Mayapala, Keluarga,

Comments

  1. weeeww..... kereeeenn.......

    ReplyDelete
  2. Nice writing, Kep ;).
    Errr....I had interesting experiences in those caves.
    Mulai dari kesurupan sebelum masuk luweng, sampe ampir tinggal nama waktu SRTan naik.
    But still, glad i was there. Apalagi jaman tempat ini belum banyak yang tau, Mayapala udah nyampe sana. Angkatan gue deh tuh kelinci percobaannya ahahaha :D

    ReplyDelete
  3. ada mbak wenny..

    makasie mbak, iya sekarang udah enak mbak diatas grubug udah ada vila, akses sudah mudah, air melimpah mau mandi pake soweran hehe.. gak kebayang dulu kayak apa ya.

    ternyata di timur jomblang ada tebingnya juga mbak.. katanya mau dibuat jalur ma bule.. nanti klo dah jadi bisalah manjat2 disana hehe

    ReplyDelete
  4. Mantav!
    Dulu kita sempet RC di deket Jomblang, tapi gue gak tau itu di timur, barat, selatan or utara :D
    *maklum cuy, anak mapala jadi2an wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  5. wah keren, ,
    kalo boleh tau estimasi biayanya berapa ya?
    dan perlengkapan apa aja sih yang dibawa kalo mau kesana?
    masih pemula banget nih, ,
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  6. untuk perlengkapan yang musti di bawa tentunya perlengkapan caving mas, set SRT dan lain-lainnya. Untuk pemula lebih baik konsultasi dengan pengiat caving :D

    ReplyDelete
  7. Wah bagus banget goa kalisuci
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Morning Happiness with Gus Teja from Bali World Music